Dosen Arsitek Medan




Dosen arsitek Medan penting dipilih oleh Anda yang ingin belajar teknik merancang gedung, rumah atau properti. Ibukota Sumatera Utara tersebut pastinya tidak mau kalah dengan kota besar lain di Indonesia.


Makanya memiliki universitas dengan pengajar atau dosen berpengalaman. Terlebih namanya arsitek, pasti selalu dibutuhkan di mana saja. Baik dikota Medan itu sendiri maupun kalau sudah lulus langsung merantau.


Khusus Anda yang ingin mengambil jurusan arsitektur perancang bangunan, pastinya nanti akan diajarkan mengenai tugas penting. Termasuk prosedur beserta standar bekerja secara profesional karena cukup rumit.


Pengarah profesional nantinya bisa menyelamatkan mahasiswa yang sedang berkutat dengan masalah. Contohnya kesulitan memahami teknik atau prosedur penting. Pasti dapat dibantu sampai menjadi lulus kuliah.


Kesulitan Mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur


Bila ingin menjadi perancang bangunan, pasti harus lulus sekolah teknik. Tentu memperoleh pengajaran secara langsung dari dosen arsitek medan. Tidak bisa hanya belajar sendiri karena dianggap amatir dan tidak kredibel.


Terlebih banyak kesulitan yang akan diperoleh para mahasiswa teknik tersebut. Contohnya kegiatan yang cukup membosankan karena lebih banyak menggambar. Padahal sangat sulit karena harus detail gambarnya.


Tidak jarang juga saat mahasiswa mencoba merancang, bisa begadang semalaman. Saat sudah berhasil menyelesaikan tugas pertama, akan muncul lagi proyek selanjutnya. Belum lagi jika menjelang menghadapi ujian.


Umumnya bila masih belajar, pastinya mengalami kesulitan seperti melakukan kesalahan membuat konsep perancangan. Akhirnya ditolak sehingga harus bermental baja dan terus berjuang sampai diterima oleh dosen.


Satu hal yang sering menyulitkan juga yakni mengenai peralatan mahasiswa. Ternyata bisa membuat kantong mengempis karena banyak dan mahal. Disini membutuhkan peralatan asli yang tidak kalah banyak dibanding kedokteran.


Tidak heran baik antara mahasiswa maupun dosen arsitek medan selalu membawa tas berat. Terdapat peralatan yang cukup berat dan rumit. Bahkan tidak mudah dipahami penggunaannya bagi orang lain apalagi awam.


Biasanya tabung gambar termasuk salah satu perlengkapan calon arsitek. Setiap harinya dapat mengerjakan proyek dari dosen dan gambar di masukkan ke dalam tabung. Tidak heran apabila kamar pribadi atau kos cenderung berantakan karena banyaknya kertas ukuran besar.


Karena kesulitan inilah kebanyakan mahasiswa arsitek cenderung sulit berkumpul bersama teman. Terlebih untuk orang biasa, sering dianggap sebagai tukang bangunan. Padahal secara profesional sedang belajar Teknik sehingga tidak ada waktu untuk hangout barengan.


Tugas Utama Dosen Arsitek Medan


Agar kesulitan sebelumnya tidak Anda dapatkan, maka dosen jurusan perancang gedung menjadi kuncinya. Mereka dapat membantu kita untuk belajar lebih giat. Bekerja keras tapi dengan hasil yang baik.


Umumnya beberapa hal penting yang akan diajarkan yakni mengenai sketsa. Bisa dibilang dijadikan sebagai tugas utama dalam bidang arsitektur. Jadi, apabila sudah menguasai dengan baik, dapat belajar hal lain.


Sebenarnya saat ini kurikulum meluluskan seorang arsitek bukan harus dari sketsanya. Tapi tetap menjadi syarat penting meski sifatnya sederhana. Penting tahu cara membuat garis, bayangan, proporsi dan komposisi.


Dari sketsa yang sudah dibuat tersebut, kemudian Anda didampingi membuat model. Inilah momentum mencoba intuisi dalam mengeksekusi desain menjadi bentuk 3D. Bisa memakai bahan berupa styrofoam, kertas biasa atau kardus.


Selain itu dosen arsitek medan juga akan membantu para mahasiswa untuk mendesain rumah sederhana dulu. Tentu dalam bentuk nyata, misalnya rumah satu lantai. Kemudian berlanjut lagi membangun tempat publik.


Pasti disini seorang arsitek itu tidak hanya mendesain rumah belaka. Melainkan gedung pencakar langit, spa, tempat olahraga, stadion dan sebagainya. Jadi, teknik yang dipelajari cenderung sangat banyak.


Mencari Dosen Fakultas Teknik Arsitek di Medan


Untuk Anda yang ingin bergabung dengan fakultas arsitektur terbaik, harus melihat latar belakang universitas. Contohnya apa sudah berhasil menghasilkan perancang berkalas atau belum sehingga menjadi perbedaan utama.


Tidak kalah pentingnya juga mengecek mengenai latar belakang pengajar pada suatu universitas. Biasanya terdapat beberapa pengajar mata kuliah dalam bidang sama. Kelengkapan pengajar dengan kemampuan lengkap begitu penting.


Anda bisa langsung mencari dosen arsitektur medan di universitas. Tentu di mana Anda akan menjadi mahasiswa di tempat kuliah tersebut. Bisa mengecek kualitas dan kredibilitas semua calon pengajar tersebut.


Umumnya bisa menemukan paling banyak di Universitas Pendidikan Teknik Negeri Medan atau UNIMED. Sudah terdapat pimpinan sampai pengajar lecture. Prospek ilmu yang Anda dapatkan selalu maksimal.


Tentu karena sebelumnya sudah belajar dari ahlinya, Anda akan menjadi profesional. Hasilnya dapat mencetak lagi mahasiswa pintar dalam jurusan sama. Pasti bagus juga demi perkembangan arsitektur daerah tersebut.


Kita sudah tidak asing mendengar istilah apabila suatu daerah banyak orang kaya, menjadi glamor dan berkelas. Inilah yang bisa disamakan apabila lebih banyak orang yang berprofesi sebagai arsitek.


Apalagi Medan masih berjuang dengan keras agar tidak kalah dari kota lainnya. Termasuk mengembangkan gedung atau bangunan. Lebih baik apabila perancangnya berasal dari putra daerah.


Agar tidak salah memilih, bisa mencoba membandingkan satu dosen dengan yang lainnya. Bisa juga meminta review dari mahasiswa yang pernah mengikuti kelasnya. Jadi, dosen arsitek medan yang dipilih hasilnya baik.

19 views0 comments

Recent Posts

See All