top of page

IMAT dan Panca Budi Sepakat Kerja Sama dalam Pengembangan Sumber Daya dan Institusi

Updated: Sep 17, 2023

Medan - Senin (11/09/2023), Institut Modern Arsitektur dan Teknologi (IMAT) dan Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) resmi menandatangani nota kesepakatan atau Memorandum of Agreement (MoA) yang diwakili Dr. Abdi Sugiarto, S.Sos., M.Si sebagai Ketua Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota UNPAB dan Emhade Arman Erhaqim, S.T., M.Arch sebagai Ketua Program Studi Arsitektur dan Perencanaan Wilayah dan Kota IMAT yang disaksikan oleh Rektor UNPAB yang diwakilkan oleh Ka. Sekun UNPAB H. Abdul Rozak Nasution, S.H., Int., M.Sc. dan Rektor IMAT Roslilawati, S.Sn., M.I.Kom.





Untuk diketahui, MoA ini adalah tindak lanjut dari Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor UNPAB Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, S.E., M.M. dan Rektor IMAT Roslilawati, S.Sn., M.I.Kom yang sebelumnya ditandatangani pada 16 Agustus 2023 di Kampus UNPAB.


Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengembangan sumber daya dan institusi di kedua perguruan tinggi tersebut.


Dalam kesepakatan ini, IMAT dan UNPAB berkomitmen untuk bekerja sama dalam tiga aspek utama:


1. Pendidikan: Kedua perguruan tinggi akan saling mendukung dalam pengembangan kurikulum, pertukaran dosen, dan program-program akademik lainnya. Ini akan memungkinkan mahasiswa dari kedua perguruan tinggi untuk mengakses beragam mata kuliah dan pengalaman belajar yang lebih luas dalam konteks Merdeka Belajar.


2. Penelitian: Kolaborasi penelitian akan menjadi fokus utama kerja sama ini. IMAT dan UNPAB akan berbagi sumber daya dan infrastruktur penelitian, serta mendorong kolaborasi lintas disiplin untuk mengatasi tantangan global dan lokal.


3. Pengabdian kepada Masyarakat: Kedua perguruan tinggi akan bersama-sama melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Hal ini mencakup penyediaan pelatihan, konsultasi, dan layanan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.






Rektor IMAT, Roslilawati, S.Sn., M.I.Kom menyatakan, "Kerja sama ini adalah langkah yang sangat positif dalam mengembangkan pendidikan tinggi di Indonesia. Dengan kerja sama IMAT dan UNPAB, kami yakin dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat."


Sementara itu, Rektor UNPAB Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, S.E., M.M. juga mengekspresikan antusiasmenya terhadap kemitraan ini, "Kami berharap kerja sama ini akan membuka peluang baru bagi pertumbuhan dan kemajuan kedua perguruan tinggi, serta memberikan manfaat nyata bagi masyarakat yang kami layani dalam mendapat pendidikan."


Disisi lain, Kaprodi MPWK Dr. Abdi Sugiarto, S.Sos., M.Si mengungkapkan "kerja sama ini sebagai tonggak awal bagi MPWK UNPAB dan prodi Arsitektur dan PWK IMAT dalam penyelenggaraan kerja sama program bergelar (fast track) tentunya dengan persyaratan dan telah mendapatkan izin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti Kemdikbud Ristek" ungkapnya.


Senada dengan itu, Kaprodi Arsitektur dan PWK IMAT Emhade Arman Erhaqim, S.T., M.Arch menyampaikan "kerja sama program belajar (fast track) ini diharapkan dapat memberi harapan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan dapat lebih cepat menyelesaikan pendidikan di program Magister (S2)".


Dalam kesempatan penandatanganan nota kesepakatan tersebut Ketua LPPM IMAT Ir. Suranto, S.T., M.T. yang hadir juga menyatakan "dengan kolaborasi antara IMAT dan UNPAB diharapkan dapat menghasilkan inovasi yang baik sebagai wujud dari tri dharma perguruan tinggi sehingga bermanfaat bagi perkembangan ilmu kedua belah pihak dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memajukan bangsa dan negara ke depan". (SRT)






95 views0 comments

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page