top of page

IMAT Gelar PkM di Sekolah Methodist Tanjung Morawa

Updated: Nov 18, 2023

Rektor IMAT Roslilawati, S.Sn., M.I.Kom menyambut gembira dengan pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat IMAT. Hal ini disampaikan saat mendampingi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Sekolah Methodist Tanjung Morawa pada hari Selasa, 7 November 2023 yang mengangkat tema "Penerapan Teknologi Informasi di Bidang Konstruksi Melalui Building Information Modelling (BIM)".


"Program pengabdian yang dilakukan ini diaharapkan dapat memberi edukasi dan pemahaman tentang teknologi informasi yaitu seluruh bentuk teknologi yang dipakai untuk menciptakan, menyimpan, mengubah dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya serta bagaimana penerapan teknologi informasi di bidang konstruksi melalui Building Information Modelling (BIM) kepada siswa, sehingga kita dapat memahami konsep dasar teknologi informasi dan penerapannya" kata Roslilawati dalam sambutannya.



Perkembangan teknologi informasi di dunia yang sangat cepat sehingga para ahli di bidang Architecture, Engineering, and Construction (AEC) mendorong terjadinya perkembangan sebuah manajemen Proyek perancangan dalam industri konstruksi. Penerapan proses perancangan berbasis BIM menjadi sorotan didalam industri konstruksi karena merupakan proses kolaboratif yang dapat meningkatkan efisiensi, produktifitas, dan mampu mendeteksi kesalahan lebih awal.


Ketua LPPM IMAT Ir. Suranto, S.T., M.T. dalam penyampaian materinya mengungkapkan bagaimana Building Information Modelling (BIM) dapat mendukung desain dalam siklus bangunan dan memberikan kontrol yang lebih baik dari proses manual. "BIM adalah proses berbasis teknologi untuk membuat model dari bangunan dengan akurat secara digital. Sistem ini mensupport desain dalam setiap siklus bangunan dan memberikan analisis dan kontrol yang lebih baik daripada proses manual. BIM adalah kolaborasi penggunaan terhadap representasi digital dari aset yang dibangun untuk memfasilitasi proses desain, konstruksi dan operasi untuk membentuk dasar yang handal dalam pengambilan keputusan dalam dunia konstruksi". Papar Suranto dalam ceramahnya.



Sejalan dengan hal tersebut, Welson Siur, Pembina Yayasan Sekolah Methodist Tanjung Morawa menyambut baik pelaksanaan PkM yang dilakukan. "Hal ini sudah sejalan dengan Kurikulum Merdeka, dimana siswa tidak hanya mendapat pelajaran dari guru di kelas saja namun juga menerima pengetahuan dari luar kelas, yang mana dalam hal ini dari kampus IMAT yang terkait dengan penerapan teknologi informasi". Kata Elson dalam sambutnya.


Pada kesempatan itu juga Ketua Program Studi Arsitektur IMAT, Emhade Arman Erhaqim, ST., M.Arch juga menyampaikan profil program studi Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota serta Bisnis Digital yang dijalankan di IMAT.


Selain itu juga LPPM IMAT menggandeng LPK MAT, yaitu lembaga pelatihan kerja yang menciptakan tenaga terampil dengan kompetensi siap kerja dengan penggunaan aplikasi BIM Revit dalam merancang konstruksi dan mendapatkan sertifikat keahlian BIM yang teregister di Dinas Tenaga Kerja Kabupatan Deli Serdang.


"LPK MAT hadir untuk menciptakan tenaga terampil dengan kompetensi siap kerja dengan penggunaan aplikasi BIM Revit dengan template yang sudah disediakan sehingga mempermudah dalam merancang konstruksi. Denny Novrianto, S.Kom

selaku Ketua Unit LPK MAT dalam sambutannya.


PkM yang dilakukan LPPM IMAT merupakan pelaksanaan yang dilakukan bagi dosen IMAT untuk mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional. (SRT)

39 views0 comments

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page