top of page

Jurusan Bisnis Digital di Indonesia

Updated: Jul 31, 2023



Pilihan masuk ke jurusan bisnis digital di Indonesia telah menjadi keputusan bijak. Terlebih melihat perkembangan dunia usaha yang selalu maju. Tidak bisa hanya mengandalkan penjualan bersifat langsung.


Mungkin menjual produk atau jasa secara langsung tetap dapat dilakukan. Tapi pilihan pasar serta target kadang cenderung kurang melimpah. Bahkan hanya pada daerah dekat dengan tempat Anda mendirikan usaha tersebut.


Setelah Anda nanti lulus fakultas digital business indonesia, bisa bekerja secara virtual. Misalnya memakai platform e-commerce dan aplikasi sejenisnya. Termasuk dalam kegiatan transaksi, belanja dan sebagainya.


Ternyata jurusan ini begitu penting dalam urusan industri negara di masa depan. Kelebihan dan keuntungannya juga banyak bagi para pengusaha. Tidak heran potensi keberhasilan dalam jangka waktu lama bisa tercipta.


Pentingnya Jurusan Bisnis Digital di Indonesia


Kuliah usaha digital tergolong sebagai ilmu terapan tentang bagaimana caranya mengurus bisnis tersebut. Tentu menjadi gabungan dari beberapa hal penting. Contohnya ilmu manajemen, informasi bahkan informatika.


Untuk secara gamblangnya, jurusan ini berharap bisa menciptakan Sumber Daya Manusia. Tentu yang dapat bergerak dalam bidang marketplace atau startup. Selain itu memiliki gelar sendiri yaitu Sarjana Bisnis Digital.


Nantinya saat mempelajari tentang e-commerce atau marketplace, Anda bisa mengetahui tentang detail seperti pengembangan website. Termasuk programming, user experience sampai seperti apa langkah menjalankan keamanan cyber.


Nantinya setiap mahasiswa jurusan bisnis digital di Indonesia juga lebih memahami tentang media sosial. Promosi media sosial termasuk penting dalam bidang tersebut. Kunci paling krusial bisa diajarkan mendalam.


Selain itu para mahasiswa sebenarnya masih menerima ilmu mengenai jurusan prodi bisnis seperti biasa. Contohnya seperti basic menjalankan perusahaan. Termasuk mengenai hukum, perilaku, inovasi dan entrepreneurship.


Teori dan strategi akan diajarkan bahkan dibantu untuk mampu membuatnya sendiri. Tapi yang lebih penting, diberi bantuan untuk mengaplikasi strategi atau ide. Bisa secara langsung meski diberi skala kecil.


Mungkin saat masih berada dalam bangku kuliah, tidak harus benar-benar memulai sendiri. Melainkan bisa terlebih dahulu magang atai intern. Kerja praktek termasuk pilihan terbaik sambil mencari koneksi juga.


Kelebihan Mencoba Menjalankan Perusahaan Online


Mencoba jurusan bisnis digital di Indonesia sangat penting untuk Anda yang memiliki pikiran luas. Misalnya ingin sukses menjalankan usaha ke seluruh Indonesia. Jangkauan konsumen lebih luas pakai sistem ini.


Konsumen yang berasal dari banyak daerah, pastinya membuat traffic pendapatan semakin tinggi. Bahkan jumlahnya bisa 3 kali lipat dibanding penjualan biasa. Tidak heran lulusan sering cepat menjadi kaya.


Apalagi dibekali dengan kemampuan mengatur pengeluaran dan pendapatan secara terukur. Segala bentuk promosi atau penjualan mampu terpantau secara langsung. Tidak heran efektif karena bisa mengganti strategi gagal.


Misalnya belum mampu menjalankan kegiatan penjualan pada target yang sudah ditentukan. Bisa memantau siapa saja orang yang sudah membeli produknya. Kalau belum berhasil, masih dapat diganti agar efektif.


Sebenarnya banyak anak muda mencoba jurusan bisnis digital di Indonesia juga disebabkan karena murah. Nantinya pada eksekusi, kebanyakan memakai platform digital. Jika dihitung secara sekilas, ada pengurangan budget 40%.


Terlebih kalau mengincar target yang menggunakan gadget berupa smartphone. Kebanyakan traffic organik saat ini dihasilkan oleh user smartphone. Khusus di nasional, potensinya lebih dari 98%.


Anda juga akan belajar mengenai bagaimana cara mengembangkan ide original. Tentu bisa lebih baik dibanding perusahaan yang besar. Apalagi sistem promosi yang kita gunakan disini sama, yaitu memanfaatkan platform digital.


Potensi Bagi Lulusan Fakultas Digital Business


Untuk Anda yang tertarik mencoba prodi bisnis secara digital, telah terdapat dikota besar Indonesia. Misalnya Universitas Muhammadiyah Tangerang. Mereka tetap menyediakan sumber daya pengajar maupun alat lengkap.


Perlu diketahui kalau tingkat kredibilitas bisa menjadi kunci utama besarnya ilmu yang Anda dapatkan. Terlebih agar mampu menerima manfaat dan potensinya. Semua harus dijaga secara maksimal supaya bermanfaat.


Kalau kita berbicara mengenai potensi, pastinya sangat luas bagus lulusan baru maupun lama. Prospek setiap tahunnya tetap meningkat dengan baik. Bahkan di nusantara, jumlah transaksi telah mencapai ratusan miliar.


Tentu angka yang cukup fantastis bagi mahasiswa fakultas bisnis digital Indonesia. Terlebih yang hanya menjalankan usaha dalam bentuk minim dulu. Tapi bisa ikut serta membangun pendapatan e-commerce nasional.


Selain itu untuk profesi yang bisa dipilih oleh lulusan jurusan ini juga banyak. Contohnya paling mainstream itu membangun industri digital. Termasuk sebagai konsultan atau analis dari platform terkenal.


Setelah memiliki pengalaman yang besar dalam platform e-commerce dan startup, bisa mulai membangun bisnis sendiri. Tentu hal ini dapat membantu membuka lowongan kerja. Tidak hanya berguna untuk pendapatan melainkan sekitar.


Anda juga pasti bisa memiliki ilmu dalam penerapan usaha dunia nyata. Jadi, dapat bertahan meski ada kegagalan atau sedikit hambatan. Tetap dapat berpikir secara kritis dan tetap rasional sambil menganalisa.


Banyaknya potensi kerja dan usaha, membuat mahasiswa yang sudah lulus bisa sukses. Tidak masalah meski harus memulainya dalam bentuk kecil. Nantinya ilmu dari jurusan bisnis digital di Indonesia bisa digunakan.



45 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page