top of page

Pelatihan Kerja Program Building Construction dalam ASEAN-ROK TVET Mobility Programme Dilaksanakan di IMAT

Institut Modern Arsitektur dan Teknologi (IMAT) menjadi salah satu pelaksana program pelatihan kerja dalam kerangka ASEAN-ROK Technical Vocation and Training (TVET) Mobility Programme. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam sektor konstruksi bangunan, merupakan bagian dari upaya bersama untuk mengatasi tantangan Revolusi Industri Keempat.



Sebagai respons terhadap ketidaksesuaian keterampilan, rendahnya partisipasi dalam pendidikan dan pelatihan teknis, serta kurangnya kualitas proses TVET di kawasan ASEAN, program ini memiliki tujuan yang kuat untuk mentransformasi sistem TVET secara menyeluruh. Dengan menghadirkan keahlian dalam sektor konstruksi bangunan dari Korea Selatan, program ini diharapkan memberikan manfaat yang signifikan bagi Negara-negara Anggota ASEAN.



Pelatihan kerja dalam sektor konstruksi bangunan ini merupakan bagian dari rangkaian inisiatif TVET yang telah berlangsung sejak tahun 2020. Fokusnya termasuk sektor elektrikal dan elektronik, otomotif, rumah sakit & pariwisata, serta komputer dan layanan informasi.



Tahun 2024 ini, IMAT menjadi tuan rumah bagi batch kedua program TVET, dengan memberikan pelajaran khusus pada drawing architecture. Acara ini dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 18 April hingga 7 Juli 2024, dengan melibatkan 16 peserta dari 4 fakultas berbeda.


Sementara itu, upaya kolaborasi ini juga didukung oleh Dana Kerja Sama ASEAN-Korea Corporation Fund (AKCF), yang telah menjadi landasan kuat bagi hubungan antara ASEAN dan Korea sejak didirikan pada tahun 1989. Melalui AKCF, kedua pihak bekerja sama untuk memupuk pemahaman saling dan pembangunan berkelanjutan, berkontribusi terhadap terwujudnya komunitas yang tangguh dan sejahtera di kawasan Asia-Pasifik. (SRT).

25 views0 comments
bottom of page