top of page

Tempat Kuliah Arsitektur di Medan





Tempat kuliah arsitektur di Medan dapat Anda temukan dengan mudah. Selain karena jumlahnya yang banyak, lokasinya juga tidak begitu jauh dari pusat kota. Sehingga, aksesnya lebih mudah dijangkau.


Arsitektur sendiri merupa salah satu jurusan yang tidak pernah sepi peminat. Jurusan ini akan membawa Anda mempelajari mengenai perancangan bangunan, lengkap dengan desainnya.


Sehingga, ilmu yang didapat tidak melulu mengenai pembangunan dan perancangan. Tapi juga, mengenai desain, dekorasi, dan penambahan pelengkap lainnya yang akan membuat bangunan estetik dan enak dilihat.


Sehingga, kompetensi lulusan jurusan arsitektur sangat banyak dan dapat dikembangkan di berbagai bidang. Bagi Anda yang berminat melanjutkan pendidikan di bidang arsitektur, maka Medan menjadi tempat yang tepat.


Alamat dan Fasilitas Tempat Kuliah Arsitektur di Medan


Selain memperhatikan kualitas dan biaya saat hendak berkuliah, tempat juga merupakan aspek penting yang harus diperhatikan. Sebab, dengan mengetahui alamat suatu tempat, Anda bisa mencari tahu gambaran tempat tersebut.


Selain itu, berbagai fasilitas di tempat kuliah juga menjadi salah satu faktor penting yang harus diketahui. Oleh sebab itu, pada pembahasan kali ini kami akan mengulas fasilitas jurusan arsitektur terbaik Medan dan alamatnya.


Berikut ini adalah daftarnya:


Universitas Sumatera Utara


USU berlokasi di Jl. Dr. T. Mansur No.9, Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara. Untuk Program Studi Arsitekturnya sendiri berlokasi di Jl. Perpustakaan, Gedung J7, Kampus USU Medan.


Beberapa fasilitas yang membuat Anda betah adalah:


  1. Taman USU yang ada di depan biro rektor menjadi tempat asik untuk bersantai setelah penat berkuliah seharian.

  2. Perpustakaan yang keren dan memiliki koleksi buku lengkap. Tentunya ini akan menjadi surga bagi Anda yang suka membaca.

  3. Lintas USU merupakan moda transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mencapai fakultas tanpa harus lelah-lelah berjalan kaki.

  4. Sepeda kampus yang bisa digunakan secara gratis oleh mahasiswa. Anda bisa menggunakannya untuk transportasi selama di kampus agar lebih sehat.


Universitas Panca Budi


Universitas Panca Budi berlokasi di Jl. Jend. Gatot Subroto KM 4.5 Sei Sikambing, Medan, Indonesia. Kampus yang dikenal bisa untuk kelas karyawan ini juga memiliki berbagai fasilitas menarik, yaitu:


  1. Perpustakaan yang sangat lengkap, bahkan sudah merai akreditasi A.

  2. Memiliki laboratorium pembelajaran yang lengkap. Misalnya adalah lab komputer, elektro, studi arsitektur, dan lain sebagainya.

  3. Fasilitas kantin kampus yang mencangkup beranda cafe, laziz centro nyaman dan asri.

  4. Mini market khusus di dalam kampus untuk tempat berbelanja mahasiswa.


Universitan Medan Area


Kampus I Universitas Medan Area berlokasi di Jl. Gedung PBSI, Medan 20223. Sedangkan Kampus II berlokasi di Jl. Setia Budi No.79 B, Medan 20112. Fasilitas unggulan yang dimiliki oleh kampus ini adalah:


  1. Laboratorium teknik arsitektur yang memiliki kualitas sangat baik dan akan menunjang proses pembelajaran Anda selama kuliah.

  2. Perpustakaan yang lengkap sebagai sumber literasi saat Anda mengerjakan tugas atau untuk menambah ilmu pengetahuan.

  3. Cafetaria yang nyaman dengan makanan lengkap dan lezat.


Institut Modern Arsitektur dan Teknologi (IMAT)


IMAT berlokasi di Kompleks Cemara Asri, Jl. Cemara Boulevard Timur, No. 88-88A, Deli Serdang, Kota Medan. Fasilitas unggulan yang dimiliki oleh kampus ini adalah:


  1. Perpustakaan yang lengkap.

  2. Kampus bergaya modern yang nyaman di setiap sudutnya.

  3. Cafetaria yang nyaman dan estetik.


Kelebihan Memilih Tempat Kuliah Arsitektur di Medan


Selain dari faktor kampus yang dipilih, terdapat juga kelebihan berkuliah di Medan yang akan Anda rasakan. Pertama adalah karena lokasinya yang strategis dan akses menuju setiap kampusnya mudah.


Hal ini didukung dengan berbagai alat transportasi yang tersedia di Medan. Sehingga, Anda tidak perlu bingung mau naik apa menuju ke kampus. Moda transportasi di Medan sangat lengkap.


Di antaranya adalah taxi, angkot, ojek online, taxi online, kereta, bahkan ada bandara juga di sini. Tidak hanya lokasinya yang strategis, biaya hidup di kota ini juga relatif murah.


Meski termasuk ke dalam Kota Besar, tapi Medan memiliki biaya hidup yang murah. Sehingga, Anda bisa berhemat di kota ini.


Kekurangan Memilih Tempat Kuliah di Medan


Selain beragam kelebihan yang akan Anda peroleh saat berkuliah di Medan, tapi ternyata ada juga kekurangannya. Kekurangan yang paling terasa pastinya adalah home sick atau merindukan rumah.


Hal ini berlaku bagi Anda yang merantau, apa lagi hingga berbeda pulau. Anda tidak dapat pulang sesering mungkin, sehingga sering merasa sedih dan merindukan orang-orang di rumah.


Bagi Anda yang berasal dari daerah lain atau pulau lain, akan merasakan culture shock saat pertama kali tinggal di Medan. Oleh sebab itu, Anda harus segera menyesuaikan diri dengan budaya masyarakat setempat.


Terlepas dari berbagai kelebihan dan kekurangannya, kota ini masih menjadi tujuan menimba ilmu di Indonesia khususnya arsitektur. Tempat kuliah arsitektur di Medan yang sudah disebutkan, bisa menjadi referensi.

28 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page