top of page
inovasikreasindodi

Rekomendasi Tempat Pelatihan Building Information Modeling (BIM) Bersertifikat di Medan No #1

Diperbarui: 28 Mei

imat.ac.id - Perlu anda ketahui, permintaan SDM yang bisa mengoperasikan BIM saat ini sangatlah besar. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya populasi, sehingga permintaan infrastruktur semakin besar.


Rekomendasi pelatihan BIM juga semakin banyak dicari. Untuk di wilayah Medan Sumatera Utara sendiri, rekomendasi pelatihan BIM terbaik adalah di IMAT. Disini anda akan diajarkan langsung oleh para tenaga ahli profesional dibidangnya.



Mengenal Apa itu BIM


BIM atau singkatan dari Building Information Modeling merupakan sebuah sistem yang didalamnya mencakup pemodelan tiga dimensi (3D) dan ditambahkan dengan informasi data yang dikemas kedalam skema yang cerdas.


Dengan begitu, hal ini memungkinkan para pengguna bisa menyimpan hingga mengatur dokumen. Tidak hanya itu, koordinasi dan simulasi dapat dilakukan dengan lancar selama seluruh siklus pada proyek infrastruktur akan di mulai dari tahap perencanaan, desain, pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan.


Mulanya, BIM merupakan sebuah data model yang bisa diekstraksi, ditukarkan, hingga diolah dengan software atau perangkat lunak. BIM juga bisa digunakan oleh berbagai stakeholder seperti, perencana supervisi, developer, perencana desain, kontraktor, supplier dan pemilih proyek, baik itu pihak lembaga pemerintahan maupun swasta.


BIM juga biasa digunakan untuk berbagai tahapan. seperti perencanaan, perancangan, desain, pembangunan, pengoperasian hingga pemeliharaan suatu bangunan maupun berbagai infrastruktur fisik, contohnya seperti listrik, air, jalan, kereta api, gas, terowongan, pelabuhan dan lain sebagainya.


Teknologi BIM hingga kini masih banyak diaplikasikan di berbagai proyek infrastruktur. Itulah mengapa pengetahuan mengenai BIM sangat diperlukan dan memiliki banyak manfaat.


Dengan pengetahuan ini, kita bisa manage kualitas data yang tinggi, manage biaya, menyelesaikan project dengan cepat, hingga mengurangi kecelakaan pada saat melakukan proyek.


Manfaat BIM dalam Dunia Arsitektur


Tenggat waktu merupakan bagian dari keseharian para arsitek. Karena jika arsitek lalai dan mundur dalam mengerjakan pekerjaannya, hal ini akan berdampak pada keseluruhan proyek konstruksi.


Dengan teknologi BIM, arsitek bisa mengerjakan desain dengan cepat dan dalam format digital yang bisa dimodifikasi dengan sangat mudah. Inilah beberapa mandaat lainnya dari BIM didunia aritektur.


1. Desain yang Dapat Ditingkatkan


Dengan proses BIM, arsitek akan terhindar dari berbagai macam kesalahan. Contohnya seperti Lupa memberi label di komponen bangunan yang membutuhkan beton bertulang maupun kesalahan pada desain. Aplikasi BIM mempunyai fitur pendeteksi benturan di dalamnya. Bahkan alat ini bisa mendeteksi secara otomatis terkait kesalahan tertentu.


Fitur pendeteksi benturan pada alat BIM dapat membantu para arsitek berfokus pada jam kerja tinjauan desain yang mereka kerjakan, seperti bagian desain yang memang harus dinilai oleh para ahli. Dengan begitu, hasil desain akan jauh lebih efisien dan aman seperti harapan klien.


2. Berkolaborasi dengan Mudah


Alat BIM juga memudahkan para arsitek bekerjasama dengan anggota lainnya, seperti tim desain. Sehingga anggota tim lainnya bisa memberikan masukan yang membangun. Dengan alat ini memudahkan para anggota tim untuk bekerja dimana saja, bahkan bekerja dari jarak jauh. Arsitek dapat membuat rancangan dasar dan kemudian diunggah agar bisa diakses oleh anggota tim yang mendapatkan sinyal Wifi.


3. Lebih Transparan


BIM membantu para arsitek untuk mendesain proyek bangunan maupun infrastruktur secara keseluruhan. Pemodelan 3D dari alat ini bisa membuat desain menjadi tampak lebih hidup dengan dibubuhi warna yang sesuai dengan selera pengguna. Proses pembuatan desain pada BIM dapat dilihat oleh seluruh tim.


Cara Memilih Tempat Pelatihan BIM di Medan yang Berkualitas


Teknologi infrastruktur yang semakin canggih membuat kita harus lebih mendalami dalam menggunakannya. Salah satu untuk menguasai teknologi BIM yaitu dengan mengikuti pelatihan. Sebelum anda memutuskan untuk mempelajari BIM, maka anda harus mengetahui beberapa cara memilih tempat pemilihan BIM di Medan yang berkualitas.


1. Tinjau Kurikulum


Pastikan materi BIM yang diberikan oleh lembaga pelatihan mencakupi topik-topik yang relevan dan unggul didalam bidang BIM. Tidak hanya itu, anda juga harus meninjau metode pengajaran yang mereka ajarkan. Pilih lembaga pelatihan yang memberikan kurikulum yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan anda.


2. Tinjau Reputasi dan Pengalaman Lembaga


Jika anda ingin mencari pusat pelatihan BIM, maka diperlukan untuk meninjau lebih lnjut terkait reputasi dan pengalaman dari lembaga tersebut. Cari tahu apakah lembaga tersebut sudah lama menjalankan bisnisnya dan apakah mereka mempunyai reputasi yang baik di bidang BIM. Jangan lupa untuk meninjau testimonial maupun ulasan dari murid yang pernah menimba ilmu di lembaga tersebut.


3. Periksa Akreditas


Akreditas merupakan salah satu indikator yang jangan pernah dilewatkan jika ingin mencari tempat pelatihan BIM. Akreditas menunjukkan bahwa lembaga tersebut sudah memenuhi standar tertentu untuk menyelenggarakan program pelatihannya.



Rekomendasi Tempat Pelatihan Building Information Modeling Bersertifikat




Ada beberapa rekomendasi tempat pelatihan Building Information Modeling bersertifikat yang bisa anda temukan di Indonesia. Nah, untuk di area Sumatera Utara khususnya Medan, kami merekomendasikan anda untuk mengikuti pelatihan dari IMAT.


IMAT merupakan lembaga pendidikan tinggi yang mengajarkan materi Building Information Modeling bersertifikat. Tidak hanya itu, IMAT juga menawarkan beberapa bidang studi yang dapat dipilih.


Seperti program studi Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Bisnis Digital. Program pendidikan IMAT juga sudah disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini.


Alasan Memilih Tempat Pelatihan BIM di IMAT


Institut Modern Arsitektur dan Teknologi atau biasa disebut dengan IMAT adalah tempat yang tepat untuk mempelajari ilmu arsitektur, termasuk BIM. Karena disini anda akan diberikan materi atau kurikulum yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan.


IMAT juga merupakan perguruan tinggi yang sudah terakreditasi oleh BANPT. Hingga kini, kampus ini masih terus melakukan pengembangan yang dapat membawa perubahan bagi pendidikan karya seni arsitektur Indonesia.


Adapun bidang studi yang menjadi favorit para mahasiswa/i IMAT yaitu Arsitektur. Inilah yang membawa IMAT menjadi kampus dengan jurusan Arsitektur favorit di Medan. Kualitas yang diberikan juga tidak main-main, IMAT aktif memberikan dampak positif untuk sekitarnya dengan wawasan yang mereka miliki.


Kesimpulan


Bagi anda yang ingin menggeluti bidang arsitektur, maka sangat disarankan untuk menimba ilmu di IMAT. Kurikulum yang diberikan sangat lengkap dan sudah mengikuti perkembangan teknologi terkini.


Sudah dipastikan, apabila anda mengambil pelatihan BIM di IMAT, anda akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan terbaru dan bermanfaat untuk menunjang profesi anda nantinya.


Apakah anda tertarik untuk mengikuti pelatihan BIM di IMAT? Anda bisa menghubungi kontak berikut +62853-5999-1222 atau anda bisa mengenal lebih IMAT lebih lanjut melalui laman berikut https://www.imat.ac.id/ dan https://www.lpkmat.com/ untuk informasi lebih lanjut.


images source: freepik


80 tampilan0 komentar

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page