top of page
inovasikreasindodi

Ternyata Mudah Banget! Begini Cara Mendapatkan Sertifikat BIM yang Harus Kamu Tahu

Diperbarui: 28 Mei

Untuk bisa mendapatkan sertifikat BIM, anda harus mengikuti pelatihan secara struktur. Adapun berbagai lembaga pelatihan yang bisa anda daftarkan untuk mendapatkan pengetahuan mengelola perangkat atau alat BIM.


Salah satunya adalah IMAT. IMAT merupakan perguruan tinggi yang mampu memberikan anda pengetahuan dan praktek langsung menggunakan perangkat BIM.


IMAT merupakan tempat pelatihan BIM terkemuka di kota Medan. Setiap orang yang memiliki sertifikat BIM akan dinilai mampu dan andal dalam membuat desain pemodelan 3D dan komponen lainnya yang ada di dalam BIM.


Manfaat Sertifikat BIM dalam Karir Anda




Dengan memiliki sertifikat BIM, anda akan dinilai mampu dan mahir dalam mengelola konstruksi secara digital.


Dalam menerapkan BIM, terdapat beberapa keunggulan yang saat ini banyak orang yang sudah merasakannya, yaitu seperti: dapat memodelkan infrastruktur atau bangunan dalam bentuk 3D, berkolaborasi dalam perencanaan maupun desain, mendeteksi bentrok yang ada pada elemen struktur, mampu mengkalkulasi volume pekerjaan dan lain sebagainya.


Sertifikat ini juga menandakan bahwa anda adalah seorang profesional yang mahir dalam menggunakan perangkat BIM.


Sehingga sertifikat ini akan menjadi nilai tambahan untuk anda didepan HR jika ingin melamar pekerjaan. Itulah mengapa setiap orang yang terjun dibidang konstruksi sangat ingin mendapatkan sertifikat BIM.


Kesempatan Karir setelah Mendapatkan Sertifikat BIM


BIM merupakan program yang banyak digunakan oleh pekerja konstruksi saat ini. Kesempatan berkarir setelah mendapatkan sertifikat BIM juga semakin luas karena sertifikat ini memiliki nilai yang berarti dalam pekerjaan konstruksi. Berikut prospek kerja setelah mendapatkan sertifikat BIM.


Arsitek


Arsitek adalah profesi yang sangat sering menggunakan program BIM. Oleh karena itu, sertifikat BIM akan sangat berguna jika anda adalah seorang arsitek. Profesi ini menuntut anda untuk mendesain bangunan dengan segala informasi lengkapnya. Nah, untuk menciptakan hal tersebut anda dapat melakukannya dengan perangkat BIM.


Teknik Sipil


Teknik sipil merupakan profesi yang berperan penting dalam mengembangkan infrastruktur, seperti bandara, jembatan, jalan, air, serta pembuangan limbah. Seiring tumbuhnya populasi, permintaan akan infrastruktur juga meningkat.


Sehingga banyak permintaan akan profesi teknik sipil. Dengan adanya teknologi BIM, insinyur sipil dapat meningkatkan efisiensinya dalam proses konstruksi. Mereka dapat memantau kinerja pekerjaan kapanpun.


Drafter


Tugas utama dari seorang drafter adalah mengubah desain yang dikirimkan oleh engineer atau arsitek menjadi gambar kerja atau teknik. Kemampuan teknik yang harus dimiliki drafter yaitu dapat menggunakan software BIM dan bekerja dengan database tools.



Cara Memilih Program Sertifikasi BIM yang Tepat


Program sertifikasi BIM sangat dibutuhkan untuk anda yang berprofesi dibidang konstruksi. Untuk mendapatkannya anda harus mengikuti pelatihan yang dilakukan oleh suatu lembaga.


Disana anda akan dilatih dan diuji dalam menggunakan perangkat BIM. Adapun cara memilih program sertifikasi BIM yang tepat yaitu anda harus mengecek reputasi dan perjalanan lembaga tersebut dalam menjalankan bisnisnya.


Pastikan bahwa mereka sudah memiliki tamatan yang berhasil dibidangnya. Anda bisa mengeceknya melalui situs resmi dari pelatihan tersebut. Karena apabila lembaga pelatihan BIM tersebut resmi, maka ia akan memiliki situs resmi pula. Selanjutnya anda bisa mendaftar ke pusat pelatihan BIM yang anda pilih.



Kenapa Sertifikat BIM Penting dalam Industri Konstruksi


Penerapan perangkat BIM di dalam industri konstruksi dapat kita rasakan saat ini. Sudah banyak pembangunan yang menggunakan perangkat ini selesai tepat waktu. BIM terbukti dapat menghemat waktu, biaya hingga tenaga kerja yang dibutuhkan dan dikeluarkan. Sehingga semua pekerjaan konstruksi akan berjalan lebih efektif dan efisien.


Dengan sistem ini, kita dapat menghindari kesalahan atau hal yang sia-sia dan tak diperlukan pada saat pembangunan dilakukan. Sertifikat BIM juga penting dalam industri konstruksi agar orang yang memiliki sertifikat ini dapat diakui atau mampu dalam mengoperasikan perangkat BIM. Sehingga pekerjaan akan dapat dilakukan dengan lancar.


Kesimpulan


Jika dilihat dari kualifikasi prospek kerja, orang yang memiliki sertifikat BIM akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan dibidang konstruksi. Karena hampir semua pembangunan membutuhkan sertifikat BIM.


Di Sumatera Utara banyak mahasiswa/i yang ingin menggeluti bidang konstruksi. Rekomendasi pelatihan BIM di Medan yang menjadi favorit saat ini yaitu IMAT. Perguruan tinggi yang memberikan pengalaman dan pengetahuan terkini langsung dari para ahli dibidangnya. Anda bisa menghubungi nomor 62853-5999-1222 atau mengunjungi laman https://www.imat.ac.id/ dan https://www.lpkmat.com/ untuk informasi lebih lanjut.


images source: freepik

45 tampilan0 komentar

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page