top of page

Manfaat BIM Dalam Proses Perencanaan Bangunan

imat.ac.id - BIM adalah komponen utama dalam proses perencanaan bangunan. Alat ini dinilai lebih efisien dalam menghasilkan gambar. Karena alat ini bisa mendeteksi adanya konflik atau permasalahan pada tahapan awal dalam perencanaan.


Tidak hanya itu, dengan menggunakan alat ini, kita dapat menghemat biaya dan dapat memastikan estimasi serta kebutuhan dari bahan, tingkat adaptasi tinggi, dan mempunyai risiko paling minimal.


Perkembangan BIM di Indonesia




Dalam kehidupan sehari-hari, kita kerap kali melihat pembangunan bangunan seperti gedung, tol, dan lain sebagainya di sekitar kita. Terlebih lagi untuk masyarakat yang tinggal di kota besar. Perlu anda ketahui, terdapat hampir ratusan proyek gedung yang dibangun di Indonesia dalam waktu yang bersamaan.


Pengerjaan pembangunan tersebut dapat dilakukan dengan cepat karena bantuan teknologi saat ini, salah satunya Building Information Modeling (BIM). Kementerian PUPR sendiri yang menjadi kementerian yang membidangi pembangunan gedung di Indonesia mempunyai komitmen yang tinggi untuk mendukung Indonesia memasuki revolusi industri 4.0 menggunakan teknologi BIM.



Revolusi konstruksi ini memberikan perkembangan yang cukup signifikan untuk Indonesia. Karena sebelum adanya teknologi BIM, konstruksi dilakukan tanpa adanya informasi mengenai detail bangunan yang akan dibangun. Sebelumnya hanya bisa mengandalkan sketsa yang digambarkan pada sebuah kertas. Namun hal ini tidaklah efektif, karena banyak perubahan yang terjadi dalam proses konstruksi dilaksanakan.


Dengan BIM, pembangunan konstruksi semakin lebih terstruktur dan lengkap dengan berbagai informasi yang dibutuhkan. Dari segala sisi, BIM sangat mempermudah pekerjaan manusia serta menghindari kerugian maupun kesia-siaan dalam proyek bangunan.


Komponen Utama dalam Model BIM


BIM adalah teknologi dengan kebijakan seluruh prosesnya dapat berjalan secara terintegrasi didalam suatu model digital. Model tersebut kemudian diterjemahkan menjadi gambar 3D. Inilah mengapa komponen utama dalam Model BIM adalah gambar 3D. Teknologi BIM juga merupakan proses untuk menghasilkan serta mengelola data konstruksi.


Penerapan Building Information Modeling


Penerapan teknologi BIM pada konstruksi bisa menghemat kebutuhan desain sampai dengan 50%. Tidak hanya itu, BIM juga bisa mengurangi pekerjaan konstruksi hingga 33% dan menghemat biaya operasional sampai 20%.


Fungsi dari BIM yaitu sebagai alat maupun metode yang digunakan untuk memastikan pekerjaan di lapangan sudah sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.


Agar bisa melengkapi penggunaan BIM, maka dibutuhkan alat 3D printing yang dapat mencetak bangunan secara otomatis dalam model 3D. Namun, sebelum dicetak, maka ita harus membuat desain 3D-nya secara digital terlebih dahulu.


BIM akan menampilkan desain 3D dalam bentuk digital, sedangkan 3D Printing akan mencetaknya secara nyata sebagai objek. Dengan alat ini memungkinkan pembangunan akan lebih cepat dilakukan karena tanpa melibatkan tenaga manusia.



Rekomendasi Software Building Information Modeling (BIM)



Aplikasi atau software BIM sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan konstruksi pembangunan. Selain itu, pemakaian software ini bisa menghemat biaya maupun waktu pengerjaan.


Adapun kelebihan dari software BIM ini yaitu dapat memberikan pengalaman koordinasi yang kompleks. Mulai dari tampilan visual, dimensi bangunan, hingga informasi material bisa diketahui oleh seluruh divisi dalam tim anda. Berikut ini merupakan rekomendasi software BIM yang dapat digunakan.


1. Revit


Aplikasi ini dapat anda gunakan untuk membuat, mengedit, serta memantau model 3D. Revit juga merupakan aplikasi yang sangat populer di kalangan pekerja konstruksi didunia. Revit membantu dalam pembuatan visualisasi maupun dokumentasi menjadi lebih baik. Revit adalah aplikasi yang dapat diandalkan dalam melakukan kolaboratif arsitek maupun MEP. Kualitas desain dan dokumen konstruksinya adalah yang terbaik. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan produk Autodesk lainnya.


2. Trimble Connect


Trimble Connect merupakan platform berbasis awan dengan lokasi sentral. Berfungsi untuk mengkoordinasi desain, pengelolaan proyek dan pengontrolan data. Trimble Connect sangat sering digunakan oleh akli subkontaktor, MEP, sampai arsitek. Alat ini cukup mumpuni untuk menjalankan produktivitas serta pengerjaan kualitas proyek.


Karena menggunakan tempat penyimpanan sentral, maka aplikasi ini sangat aman untuk data proyek serta dapat memudahkan akses dan memperbarui informasi melalui perangkat manapun.


3. Autocad


Pasti anda sudah sering dengar mengenai aplikasi ini, autocad mempunyai fitur dan library yang sangat lengkap hingga lebih dari 750.000 objek. Aplikasi ini sangat populer dan dapat mempercepat waktu pengerjaan desain dengan cara mengotomasi pekerjaan harian.


Kumpulan hasil riset anda terhadap arsitektur, peta 3D, kelistrikan, desain raster, MEP, hinga mekanik akan lebih mudah dilakukan. Dengan begitu, AutoCAS menunjukkan dapat meningkatkan produktivitas hingga 63%.


4. Autodesk Construction Cloud

Adapun beberapa fitur terpenting dari aplikasi ini yaitu koordinasi BIM, tinjauan desain, manajemen permasalahan, datar pustaka program keselamatan, dan delegasi koordinasi. Aplikasi ini juga menyediakan aplikasi seluler yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengakses dokumen dimana saja dan kapan saja.


5. Tekla BIMsight


Aplikasi ini menyediakan tampilan yang cocok untuk profesional degan penggabungan model 3D, berbagi informasi di setiap tahap desain.


6. Dalux


Dalux adalah aplikasi yang dapat membantu kita mengelola proyek konstruksi. Aplikasi ini juga sudah berbasis awan, jadi bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Adapun fitur aplikasi ini yaitu seperti manajemen biaya, penjadwalan, dan alokasi sumber daya. Anda bisa mengakses analisa data BIM untuk pengembangan maupun evaluasi.


Aplikasi ini dapat menjadi solusi dalam mengelola seluruh aspek proyek konstruksi mulai dari awal sampai akhir. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk permodelan 2D maupun 3D secara realtime.


Kesimpulan


Saat ini banyak orang yang tertarik di bidang arsitektur. Hal ini dikarenakan prospek kerjanya yang sangat andal dan memiliki masa depan yang cerah. Apakah anda salah satu orang yang berminat untuk menggeluti bidang arsitek? Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah dengan memperlajari BIM melalui pelatihan.


Memilih tempat pelatihan BIM juga tidak bisa sembarangan, anda harus memperhatikan latar belakang, reputasi, hingga testimonial dari tempat pelatihan yang anda pilih.


Tempat pelatihan BIM terbaik di kota Medan, yakni IMAT. Sudah terbukti banyak lulusan IMAT yang berhasil dibidang ini.


Jika berminat, hubungi kami melalui +62853-5999-1222 atau mengunjungi laman ini https://www.imat.ac.id/ dan https://www.lpkmat.com/ untuk informasi lebih lanjut.


images source: freepik


13 views0 comments

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page