top of page

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Medan

Updated: Jul 31, 2023



Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Medan atau PWK menjadi salah satu jurusan kuliah terfavorit. Sebelum dikenal dengan PWK, jurusan ini dikenal sebagai ilmu planologi yang sudah tersedia di berbagai universitas.


Pada jurusan ini, Anda akan mempelajari mengenai perencanaan wilayah dan kota dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Termasuk di dalamnya adalah aspek sosial, ekonomi, dan juga politik.


Tidak hanya itu, Anda juga akan memiliki keterampilan dalam menyusun perencanaan tata ruang kota. Serta mengevaluasi berbagai kebijakan yang berkaitan dengan rencana tata ruang dan tata wilayah.


Cangkupan ilmu yang akan Anda pelajari saat mengambil jurusan ini di antaranya adalah geologi lingkungan, perpetaan, ilmu sosial, ilmu politik, ekonomi dan lain-lain. Tentunya sangat menarik dan tidak akan membosankan.


Bagi Anda yang tertarik dan ingin menggali lebih dalam lagi mengenai jurusan PWK, simak pembahasannya berikut ini:


Pengetahuan dan Keahlian Perencanaan Wilayah dan Kota


Setiap jurusan dalam perkuliahan pastinya menawarkan berbagai pengetahuan dan keahlian masing-masing. Anda akan mendapatkan pengetahuan dan keahlian jurusan PWK seperti di bawah ini:


1. Kemampuan analisis yang sangat dibutuhkan saat merencanakan tata ruang atau tata wilayah.


2. Kemampuan dalam meneliti setiap hal agar keputusan atau perencanaan yang dibuat tepat guna untuk semua pihak.


3. Kemampuan dalam bidang observasi yang harus dikuasai sebelum menentukan tata ruang suatu kota atau wilayah. Sehingga, tidak menimbulkan keganjalan atau kerugian.


4. Kemampuan problem solving untuk berbagai persoalan yang sangat dibutuhkan pada berbagai kondisi. Tidak hanya dalam bidang pendidikan atau pekerjaan, tapi dalam bidang sosial dan ranah pribadi.


5. Kemampuan untuk berpikir secara rasional agar perencanaan yang dibuat masuk akal dan dapat direalisasikan.


6. Kemampuan berpikir terstruktur pada bidang ini, pemikiran terstruktur sangat diperlukan agar rencana yang dibuat rapi.


Semua pengetahuan dan keahlian di atas akan Anda peroleh secara bertahap selama mengikut perkuliahan. Secara tidak sadar, Anda akan mendapatkannya melalui berbagai tugas dan projek yang dikerjakan.


Berbagai keahlian di atas juga tidak hanya berguna saat Anda di lingkungan pendidikan atau dunia kerja. Tapi juga berguna dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, Anda dapat menjadi manusia yang lebih berkualitas.


Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Medan


Jika berbicara mengenai prospek kerja, tentunya jurusan PWK memiliki prospek yang sangat bagus dan luas. Sebab, setelah lulus dari jurusan ini, Anda bisa bekerja di berbagai sektor. Di antaranya adalah :


Instansi Pemerintahan


Prosepek sebagai lulusan PWK sangat besar kemungkinan dapat bekerja di instansi pemerintahan. Misalnya adalah sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).


Setiap tahunnya, instansi pemerintahan selalu membuka posisi untuk lulusan PWK. Instansi tersebut di antaranya adalah Bappenas, PU, Departemen Dalam Negeri, BPPT, Kementerian Perumahan Rakyat, Pemda, dan Dinas.


Selain itu, Anda juga bisa menjadi tenaga pengajar di kampus. Bahkan, Anda juga bisa menjadi peneliti dengan latar belakang pendidikan PWK.


Sektor Swasta


Prospek kerja jurusan PWK selanjutnya adalah di sektor swasta. Pintu untuk bekerja di sektor ini sangat terbuka lebar. Banyak perusahaan yang memerlukan jasa seorang perencana wilayah dan kota.


Misalnya adalah sebagai tenaga ahli konsultan di bidang perencanaan, pariwisata, statistik, dan pengembang komunitas. Beberapa contoh Perusahaan yang membuka posisi tersebut adalah:


1. PT. Astra Internasional


2. PT. Medco Energi


3. PT. Riau Andalan Pulp and Paper


Anda juga dapat bekerja sebagai developer dan kontraktor properti. Atau, sebagai pengajar di kampus swasta.


Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)


Prospek bekerja di LSM juga terbuka lebar untuk lulusan PWK. Anda bisa berperan sebagai aktivis dalam bidang ilmu sosial, komunitas, hingga pemerintahan. Misalnya di AKATIGA, BIGS, Sawarung, dan lainnya.


Di Luar Keilmuan


Dengan pengetahuan dan keahlian yang Anda peroleh selama proses perkuliahan di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Anda juga bisa berkarir di bidang lain. Banyak bidang yang dapat Anda pilih.


Misalnya adalah bidang managemen, bisnis, lembaga keuangan, dan lainnya. Anda juga bisa berkarir sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.


Alasan Harus Memilih Perencanaan Wilayah dan Kota


Banyak sekali alasan harus memilih jurusan PWK. Pertama, lulusan PWK sangat dibutuhkan dalam melakukan perencanaan sebuah wilayah di Indonesia.


Seperti yang diketahui bahwa wilayah di Indonesia sangat luas, sehingga membutuhkan banyak lulusan kompeten untuk menanganinya. Tidak hanya itu, Anda juga sanhaty dibutuhkan dalam menentukan tata guna lahan.


Terutama lahan negara yang akan digunakan untuk membangun fasilitas umum dan fasilitas lainnya. Anda juga dibutuhkan dalam merencanakan dan mengatur sistem transportasi pada suatu wilayah.


Sehingga, wilayah tersebut tersebut lebih teratur meski memiliki banyak moda transportasi. Dengan peluang karir yang luas, Anda tidak akan kesulitan dalam mencari pekerjaan. Anda juga bisa mengembangkan bisnis menguntungkan.


Bahkan, Anda dapat terus mengembangkan diri dengan melanjutkan pendidikan. Sebab, di Indonesia sendiri sudah ada program pasca sarjana untuk jurusan PWK.


Bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah, maka PWK bisa menjadi solusinya. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Medan akan memberikan banyak kelebihan untuk Anda.


Video : Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Medan



130 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page